Groupthink (Pemikiran Kelompok)

Posted by

Groupthink (pemikiran kelompok) didefinisikan sebagai suatu cara pertimbangan yang digunakan anggota kelompok ketika keinginan mereka akan kesepakatan melampaui motivasi mereka untuk menilai semua rencana tindakan yang ada.

Kelompok-kelompok yang memiliki kohesivitas tinggi sering kali gagal dalam untuk mempertimbangkan alternatif-alternatif dari tindakan yang mereka ambil. Ketika anggota kelompok berpikir sama dan tidak memiliki pemikiran yang berlawanan, mereka juga memiliki sedikit kemungkinan untuk menyatakan ide-ide yang tidak popular atau tidak serupa dengan anggota kelompok lainnya.

Groupthink menyatakan bahwa kelompok-kelompok ini membuat keputusan terlalu dini, dan beberapa diantara keputusan tersebut memiliki dampak yang tragis dan berkelanjutan.

Asumsi Groupthink, Janis memfokuskan penelitiannya pada:

Kelompok pemecah masalah, yaitu sekelompok orang yang tugas utamanya adalah mengambil keputusan dan memberikan rekomendasi kebijakan

Kelompok yang berorientasi pada tugas, yaitu sekelompok orang yang tujuan utamanya adalah bekerja untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepada mereka.

Tiga asumsi penting dalam Goupthink :

Terdapat kondisi-kondisi dalam kelompok yang mempromosikan kohesivitas tinggi. Terdapat kondisi-kondisi dalam kelompok yang menyebabkan tingginya tingkat kohesivitas. Kohesivitas adalah batasan dimana anggota-anggota kelompok bersedia untuk bekerja sama.

Pemecahan masalah kelompok pada intinya merupakan proses yang menyatu. Orang tidak dengan sengaja mengganggu jalannya pengambilan keputusan dalam kelompok kecil. Para anggota biasanya berusaha untuk dapat bergaul dengan baik. Denis Guran mengamati bahwa kelompok rentan terhadap batasan afiliatif, yang berarti bahwa kelompok lebih menahan masukan daripada mengambil resiko ditolak.

Kelompok dan pengambilan keputusan oleh kelompok seringkali bersifat kompleks. Dalam mendiskusikan asumsi ini kita melihat pada kompleksitas kelompok kecil dan kemudian pada keputusan yang muncul dari kelompok ini.

Kondisi penyebab Groupthink

Kohesivitas kelompok, kohesi dapat menuntun terjadinya groupthink, tingkat kohesi yang berbeda juga menimbulkan hasil yang berbeda. Dalam beberapa kelompok kohesi dapat menuntun pada perasaan positif mengenai pengalaman kelompok dan anggota kelompok yang lain.

Faktor struktural, Janis mengamati karakteristik structural yang spesifik, atau kesalahan, mendorong terjadinya groupthink. Faktor-faktor ini juga termasuk isolasi kelompok, kurangnya kepemimpinan imparsial, kurangnya prosedur yang jelas dalam pengambilan keputusan, dan homogenitas latar belakang kelompok.

Tekanan kelompok, Tekanan internal dan eksternal terhadap kelompok dapat memunculkan groupthink. Ketika pembuat keputusan sedang berada dalam tekanan yang berat, baik disebabkan oleh dorongan-dorongan dari luar maupun dari dalam kelompok mereka cenderung tidak dapat menguasai emosi
Gejala Groupthink

Penilaian berlebihan terhadap kelompok. Ilusi akan ketidakrentanan, keyakian bahwa kelompok ini cukup istimewa untuk mengatasi rintangan-rintangan, Keyakinan akan moralitas yang tertanam di dalam kelompok, asumsi bahwa anggota-anggota kelompo bijaksana dan baik, karenanya keputusan yang mereka buat juga akan baik.

Ketertutupan pikiran. Stereotip kelompok luar, persepsi stereotip mengenai kelompok musuh atau kompetitor. Rasionalisasi kolektif, situasi dimana para anggota kelompok tidak mengindahkan peringatan-peringatan mengenai keputusan mereka. Tekanan untuk mencapai keseragaman. Sensor diri, para anggota kelompok berusaha untuk meminimalkan keraguan personal dan adanya argumen-argumen yang menantang. Ilusi akan adanya kebulatan suara, keyakinan bahwa diam berarti setuju. Self-appointed Mindguards, individu-individu yang menjaga kelompok dari informasi yang tidak mendukung. Tekanan terhadap para penantang, pengaruh langsung terhadap angota-anggota kelompok yang menyumbangkan pendapat berlawanan dengan kelompok

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s